Dekorasi Ruang Keluarga Yang Lebih Aman Untuk Anak Kecil

Ruang keluarga minimalis

Punya anak kecil di rumah adalah sesuatu yang bisa memberikan mood yang lebih ceria karena tawa anak-anak adalah salah satu musik paling indah di dunia. Demi keselamatan dan keamanannya, ada banyak hal yang mesti diperhatikan karena anak-anak masih suka bertindak dengan ceroboh tanpa memahami konsekuensi di baliknya. Salah satu yang harus diperhatikan adalah dekorasi ruang keluarga yang harus ramah anak atau childproof. Artinya ada hal-hal yang harus disesuaikan dengan aktivitas dan pergerakan anak agar anak kecil tidak mudah cedera yang efeknya bisa berbahaya mulai dari luka ringan hingga yang lebih parah. Berikut adalah beberapa hal untuk memastikan dekorasi ruang keluarga Anda lebih aman untuk anak-anak dan mengurangi resiko bahaya.

Jauhkan benda-benda tertentu dari jangkauan anak-anak

Bagi anak-anak segala hal bisa terlihat sangat menarik sehingga ia pun akan berusaha sekuat tenaga untuk meraihnya. Singkirkan benda-benda di ruang keluarga yang bisa berpotensi membuatnya terluka, seperti misalnya lilin-liling, taplak meja yang bisa ia tarik dan menjatuhkan benda di atasnya, taruh pigura di tempat yang tinggi atau sebaiknya ditempelkan di dinding, pajangan-pajangan yang berbahan keramik, tanah liat, logam, dan bahan keras lainnya sebaiknya disimpan di dalam lemari kaca yang tertutup dan terkunci.

Buat permukaan ruang keluarga lebih lembut

Beberapa macam cedera yang banyak dialami oleh anak kecil adalah terbentur pada permukaan yang keras, tergores dengan permukaan yang tajam, terpeleset, dan sebagainya. Dekorasi ruang keluarga sebaiknya memiliki permukaan yang lebih aman untuk anak-anak. Tutupi lantai dengan menggunakan karpet agar bila anak terpeleset tidak langsung berbenturan dengan lantai yang keras,  untuk bagi bayi yang baru belajar merangkak pilih karpet dengan bulu yang lembut. Berikan perlindungan pada bagian tepian meja, tepi pintu dan pinggir-pinggiran furniture lainnya dengan bantalan khusus yang bisa Anda beli secara online jika tidak ada di toko dekat rumah Anda. Sebaiknya pilih sofa atau tempat duduk yang tidak memiliki permukaan keras menonjol.

Rapikan kelistrikan

Pilih stop kontak yang memiliki penutup agar anak tidak memasukkan jarinya atau memasukkan benda logam ke dalam sambungan listrik tersebut. Kabel-kabel elektronik juga sebaiknya dirapikan agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Anda bisa menyembunyikan kabel di balik perabotan atau menutupnya dengan lakban, pipa berukuran kecil, atau penutup kabel yang bisa ditemukan di toko elektronik.

Berikan pagar pembatas

Anda bisa membatasi pergerakan anak agar tidak masuk ke area yang memiliki resiko namun memiliki fungsi yang penting bagi rumah, seperti misalnya area dapur. Untuk dekorasi ruang keluarga yang lebih aman, Anda bisa menginstal pagar pembatas untuk menutup area-area yang berbahaya agar tidak dimasuki anak dengan mudah, bisa juga difungsikan agar anak tetap berada di area bermainnya ketika ia berada di luar kamar sehingga anak tetap bisa bermain dan Anda bisa tetap melakukan aktivitas pekerjaan rumah sambil mengawasi anak.

Galeri Dekorasi Ruang Keluarga