Tips Dekorasi Taman Belakang Nyaman dan Fungsional

Taman belakang lanskap

Menyisakan lahan di belakang rumah untuk membuatnya menjadi halaman atau taman merupakan ide yang brilian. Pasalnya area ini dapat digunakan sebagai area untuk bersantai bersama keluarga atau bisa juga menjadi area bermain untuk anak-anak. Merancang dekorasi taman belakang rumah memang merupakan tantangan tersendiri bagi para pemilik rumah. Apalagi untuk merancang taman tersebut diperlukan kecermatan dan juga citarasa seni. Walaupun memerlukan dana yang tidak sedikit, namun Anda pasti tidak akan kecewa dengan hasilnya. Untuk memudahkan Anda merancang taman belakang yang asri dan nyaman, berikut ini adalah beberapa tips dekorasi taman belakang yang dapat dicoba

Rumput Hijau Untuk Menutupi Permukaan Taman

Taman belakang rumah dapat dibuat menyatu dengan ruangan di rumah misalnya ruang keluarga atau ruang makan. Dengan dekorasi ini rumah akan terasa lebih lega karena tidak bertemu dengan dinding. Untuk memberikan kesan asri, halaman belakang dapat diberi rumput hijau segar. Selain dapat memberikan tampilan yang menarik, permukaan rumput tersebut juga dapat menjadi tempat bermain untuk anak-anak.

Taman belakang luas

Taman belakang luas

Furniture yang Sesuai

Sebagai tempat untuk bersantai, rasanya tentu kurang lengkap jika tidak ada furniture di taman tersebut. Anda dapat menggunakan furniture berupa bangku panjang, sofa outdoor, atau set furniture outdoor dari bahan kayu untuk dekorasi taman belakang. Pastikan ukuran furniture yang dipilih tidak terlalu besar dan memenuhi taman karena akan membuat tampilan taman terkesan penuh.

Taman belakang tangga

Taman belakang tangga

Menambahkan Fitur Air

Untuk menambah kesan sejuk dan memberikan efek relaksasi di area tersebut, Anda dapat menambahkan fitur air berupa kolam ikan, kolam teratai, atau air terjun mini. Suara gemericik air yang terdengar dan berpadu dengan tanaman hijau di taman tentu akan memberikan efek yang menenangkan. Anda dapat memelihara beberapa ikan koi di kolam tersebut. Kolam di taman dapat berupa kolam minimalis berbentuk geometris dengan batu alam atau kolam artifisial yang dibuat dengan bentuk seperti kolam alami.

Memilih Tanaman

Untuk taman yang cukup luas, Anda dapat menanam satu tanaman yang dapat tumbuh sekitar 1 atau 2 meter sebagai perindang di taman tersebut. Untuk selebihnya pilih tanaman hijau dan tanaman hias lainnya. Pastikan tanaman yang dipilih dapat hidup sesuai dengan iklim di daerah tempat tinggal Anda. Jika taman tersebut juga sering diakses oleh anak-anak, Anda sebaiknya menghindari menanam tanaman yang berduri.

Lampu Taman

Agar area tersebut tidak gelap saat malam hari, jangan lupa untuk menambahkan lampu taman dengan pencahayaan yang cukup. Saat ini lampu taman juga telah hadir dalam berbagai macam model dan bentuk sehingga juga dapat dijadikan sebagai elemen dekoratif untuk dekorasi taman belakang rumah Anda. Jadi selain dapat memberikan pencahayaan yang cukup, lampu tersebut juga dapat menjadi hiasan yang membuat taman terlihat semakin cantik.

Taman belakang tanaman

Taman belakang tanaman

Taman belakang pohon palm